Selasa, 26 September 2017

Kulit Kabel



       Berbicara mengenai bagian-bagian kabel yang mempunyai masing-masing fungsi, kali ini saya akan membahas sedikit informasi tentang Kulit Kabel. Berdasarkan kebiasaan dan budaya kita sehari hari, sesuatu yang mempunyai kulit biasanya akan kita kupas dan membuang kulitnya, missal: aneka jenis buah. Tapi coba kita geser sedikit gambaran kita dari Kulit buah, kepada Kulit Kabel. apakah anda masih ingat penyebab munculnya genangan di sejumlah jalan yang sebelumnya sudah bebas dari banjir di Jakarta, pada tanggal 4 maret 2017. ternyata yang menjadi penyebab adalah Kulit Kabel. Setelah diselidiki, sumbatan-sumbatan di jalan di Jakarta, salah satunya di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, disebabkan oleh adanya Kulit kabel listrik. Kulit Kabel listrik menghambat saluran air di gorong-gorong.



Kabel-kabel itu kembali ditemukan setelah pasukan oranye terjun untuk mengecek lokasi rawan genangan. Setelah dibongkar, puluhan meter kulit kabel ditemukan di gorong-gorong di kawasan Gatot Subroto. penyelidikan itu dilakukan karena merasa heran atas munculnya genangan di lokasi yang sudah bebas dari banjir. Sampah kulit kabel ini tahun lalu juga menjadi penyebab banjir di wilayah protokol Ibu Kota. Bahkan sampai ada Mesin pengupas kulit kabel, mesin tersebut  merupakan sebuah alat sederhana yang di rancang untuk mengupas atau memisahkan antara kulit kabel dan bagian dalamnya, yaitu antara kulit terluar dengan aluminium atau tembaga lapisan dalam kabel. Mesin pengupas kulit kabel ini dibuat dengan tujuan untuk memisahkan antara kulit kabel yang paling luar biasanya terbuat dari plastik dengan kulit bagian dalam yang terbuat dari aluminium. Bagi pebisnis daur ulang limbah,  gabungan 2 buah bahan ini tidak bisa disatukan, yakni lapisan plastik dan lapisan aluminium. Untuk memisahkan kedua bahan tersebut dapat dipisah dengan menggunakan mesin pengupas kulit kabel.
Lalu pertanyaannya adalah Apakah Kulit Kabel mempunyai fungsi?

Untuk mengetahui fungsi Kulit Kabel kita terlebih dahulu harus mengetahui bagian-bagian kabel. saya akan ambil contoh dari salah satu jenis kabel:
Indoor Cable
Contoh indoor kabel adalah Kabel telepon dalam rumah berisolasi dan berselubung PVC mempunyai kapasitas 2 s/d 100 pair penghantar dari tembaga lunak dengan diameter 0,6 mm. Gambar 2.12 merupakan gambar indoor cable. 



Fungsi dari tiap lapisan kabel =

a) Urat kabel dengan isolasi PE / PVC
Berfungsi sebagai penghantar yang menyambungkan terminal dengan sentral.


b) Isolasi Polyethyline ( PE ) atau Poly Vinyl Chloride ( PVC ) berwarna dan berfungsi sebagai pembungkus dan isolator antar penghantar. Kode warna dalam perhitungan urat kabel.



c) Pita pelilit atau pengikat kode warna
Berfungsi untuk mempermudahkan perhitungan urat kabel dan mengikat kabel agar sama.


d) Pembungkus inti kabel
Berfungsi untuk membalut inti kabel supaya bulat, padat, sebagai bantalan antara urat kabel dengan lapisan alminium, dan sebagai pencegah lelehnya isolasi penghantar pada saat pembuatan kulit kabel.


e) Aluminium Foil
Berfungsi sebagai pelindung elektris terhadap induksi tegangan asing dari luar.


f) Kulit Dalam ( PE hitam )
Berfungsi sebagai pelindung kemungkinan masuknya air dan sebagai bantalan antara lapisan armouring dengan lapisan alminium.


g) Armouring Baja
Berfungsi sebagai pelindung mekanis terhadap benturan benda tajam / keras, dan sebagai pelindung elektris terhadap indksi tegangan asing.


h) Kulit luar kabel ( PE hitam )
Berfungs sebagai pelindung kemungkinan masuknya air dan sebagai bantalan pada waktu penarikan.


i) Kawat Telanjang Tembaga ( Cu )
Berfungsi sebagai penghubung ke tanah atau ground.

           

            Bisa dilihat berdasarkan penjelasan diatas, pada indoor cable terdapat 2 macam Kulit Kabel, yaitu Kulit Dalam Berfungsi sebagai pembungkus Kabel atau pencegah masuknya air ke dalam kabel. Dan Kulit luar kabel Berfungsi sebagai bantalan pada waktu penarikan. Itulah beberapa informasi seputar Kulit Kabel. semoga bermanfaat bagi anda, salam sejahtera.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Komponen Penting Dalam Telepon Kabel

5 Komponen Penting Dalam Telepon Kabel Telepon berasal dari bahasa Yunani yakni terdiri dari buah kata yaitu tele yang berarti jauh da...