Rabu, 27 Desember 2017

Instalasi Listrik Rumah Sederhana



Pernahkah anda mendengar sebuah quote “Simplicity is the ultimate sophistication.” artinya kesederhanaan adalah sebuah kesempurnaan. Mungkin pengertiannya menururt saya adalah penyempurnaan pendidikan hidup, adalah sebuah kesederhanaan. Dalam arti suatu teknologi, materi dan status sosial yang tinggi hanyalah suatu perangkat kecil dalam hidup kita. Justru orang orang sederhana yang tidak terikat oleh hal tersebut adalah orang orang yang berhasil dalam hidup. Dapat kita sadari dan kita lihat, di jaman modern ini, informasi sangat cepat bergerak dan muncul banyak inovasi yang tiada batasnya. Sayangnya hal ini membuat sebuah komplikasi, kesulitan dan juga konflik kebingungan. Mungkin berusaha selalu membuat sesuatu menjadi sesederhana mungkin adalah hal terbaik yang harus dilakukan saat ini. Quote tersebut diatas di sampaikan oleh Leonardo da Vinci, dan iya, dia adalah termasuk individu paling berpengaruh dalam kemajuan pengetahuan dan seni. 

Jaman dahulu sebelum ada listrik mungkin kehidupan lebih sederhana. Namun sekarang dengan adanya teknologi listrik, dalam perkembangannya pembangkit listrik banyak yang lebih canggih, instalasi listrik rumah juga banyak varian jaringan dan tegangan yang lebih canggih. Namun tidak ada salahnya kita menggunakan instalasi listrik rumah sederhana yang menghemat daya, dan masih dapat digunakan sekarang ini. Permasalahan instalasi listrik di rumah sebenarnya lumayan kompleks, dengan makin rumitnya konstruksi dan makin meningkatnya jumlah dan jenis barang yang dihasilkan, standarisasi bahan material dan instalasi menjadi suatu keharusan. Standarisasi juga mengurangi pekerjaan tangan maupun pekerjaan otak. Teknik instalasi listrik adalah suatu rangkaian yang menghasilkan sebuah aliran listrik, bisa berupa sebuah lampu ataupun sebuah sumber listrik. Instalasi listrik rumah sederhana terdiri dari sebuah saklar ,stop kontak dan lampu, input saklar dapat sumber fasa kemudian outputnya menuju ke beban dimana beban itu adalah lampu, dan harus ada kabel netral dilampu. Sehingga lampu tersebut akan nyala apabila sakelar di tekan. 

Dalam instalasi listrik rumah sederhana terlebih dahulu harus dibuat gambar-gambar rencananya berdasarkan denah bangunan, dimana instalasinya akan dipasang jika spesifikasinya dan syarat-syarat pekerjaan yang diterima dari pihak bangunan atau pemesan. Harus diperhatikan spesifikasi dan syarat pekerjaan ini menguraikan syarat yang harus dipenuhi pihak pemborong, antara lain mengenai pelaksanaannya material yang digunakan, waktu penyerahannya dan sebagainya. Gambar-gambarnya harus jelas, mudah dibaca dan dimengerti. Gambar denah bangunannya biasanya disederhanakan. Dinding-dindingnya digambar dengan garis tunggal agar tipis, saluran-saluran listriknya karena lebih penting maka digambar lebih tebal. Supaya gambarnya rapi harus dipilih tebal garis yang tepat. Gambar situasi, untuk menyatakan letak bangunan dimana sintalasinya akan dipasang, serta rencana penyambungan dengan jaringan PLN.

Serta rencana proyek listrik rumah serta penempatan semua peralatan listrik yang akan dipasang dan sarana peralatan, misalnya titik lampu, sakelar, kontak-kontak, perlengkapan hubung bagi. Selain itu juga ada beberapa kejelasan dalam rencana penyambungan peralatan listrik dengan alat pelayanannya, misalnya antara lampu dengan sakelarnya, motor dan pengasutnya dan sebagainya. Hubungan antara peralatan listrik dan sarana pelayanannya dengan perlengkapan hubung bagi yang bersangkutan. Data teknis penting dari setiap peralatan listrik yang akan dipasang, serta seperti yang disampaikan diatas tadi, yaitu perencanaan letak saklar,lampu dan stop kontak. Setelah instalasi listrik rumah sederhana terpasang, pengawasan pemasangan instalasi listrik dan perawatannya juga harus diperhatikan dan dicek secara berkala untuk mengetahui daya tahan dan performa instalasi listrik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Komponen Penting Dalam Telepon Kabel

5 Komponen Penting Dalam Telepon Kabel Telepon berasal dari bahasa Yunani yakni terdiri dari buah kata yaitu tele yang berarti jauh da...